Kalender Jawa Jumat Kliwon 20 September 2024: Bayi Lahir Berlimpah Rezeki


Solo

Hari ini, Jumat (20/9/2024) bertemu Didalam pasaran Kliwon. Untuk penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan Didalam 16 Mulud 1958, berada Di Tahun Je, Windu Sancaya, dan Wuku Sungsang.

Jumat Kliwon

Weton (hari kelahiran) Jumat Kliwon Memiliki neptu 14. Wataknya sopan serta lemah lembut tutur katanya, pandai merangkai kata-kata, murah hati, sabar, baik hati, tekun dan terampil Untuk bekerja.

Pangarasan

Pangarasan Di weton Jumat Kliwon ini adalah Lakuning Rembulan, artinya simpatik, penuh daya tarik, serba menyenangkan.


Pancasuda

Sedangkan Pancasuda Di weton Jumat Kliwon ini adalah Wasesa Segara. Ini dapat dimaknai bahwa watak positifnya bagaikan lautan, yakni amot ujar ala becik alias jika dicaci tidak benci, jika disanjung tidak sombong.

Di Di Itu sifat pemurah, pemaaf, berwibawa, berwawasan luas dan bertanggung jawab mendominasinya.

Wuku Sungsang

Wuku Sungsang, lambang dewanya Bathara Gana, wataknya mudah marah, gelap hati. Air Di tempayan ada Di Di, wataknya cenderung ikhlas, tapi lama-lama diperlihatkan kebaikannya. Gedhongnya Di Dibelakang. Ikhlas tanpa harapan dipuji orang.

Pohonnya tangan, sifatnya tak mau menganggur, selalu aktif. Wataknya keras, ingin Memiliki apa yang dipunyai orang lain.

Burungnya bidho, wataknya keras dan dapat menyamar.

Gambarannya bagaikan bunga Sandalku yang merah, besar nafsunya, tetapi dapat dikendalikan.

Lambangnya seperti burung elang yang jatuh, artinya jika kecelakaan atau Untuk Kemakmuran yang sangat kurang menguntungkan tidak ada yang menolong, orang yang melihat hanya sebatas kasihan saja.

Bahayanya jika terkena besi. Kala ada Di Timur, Di tujuh hari Di wuku ini jangan pergi Ke arah Timur Untuk urusan yang sangat penting.

Jumat Kliwon Wuku Sungsang

Di hari Jumat Kliwon Di Wuku ini adalah hari yang baik. Jika seorang anak lahir Di hari itu maka ia kelak Akansegera Memperoleh rezeki yang melimpah dan Memperoleh berbagai hal yang bersifat keduniaan.

[Diasuh Dari Ki Totok Yasmiran, ahli Penanggalan Jawa Untuk Museum Radyapustaka Solo. Tayang rutin Di detikJateng setiap pagi]

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Kalender Jawa Jumat Kliwon 20 September 2024: Bayi Lahir Berlimpah Rezeki