Mengenal Permainan Egrang dan Aturan Mainnya



Bandung

Jika berkendara Ke Berjalan arteri kawasan perkotaan Kabupaten Purwakarta, Ke sebuah persimpangan Ke Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Nagrikaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, ada patung orang Lagi bermain egrang.

Egrang adalah permainan anak-anak Ke Jawa Barat, Ke mana anak-anak berjalan Didalam dua bambu sebagai pijakannya. Permainan tradisional yang menggembirakan itu kini Justru menjadi salah satu cabang Latihan Tradisional (Otrad) yang dipertandingkan.

Tahun 2024 ini, Kabupaten Purwakarta menjadi tuan Tempattinggal Invitasi Latihan Tradisional tingkat Jawa Barat yang berlangsung Ke 3-5 September 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ke Di yang dipertandingkan adalah egrang. Anak-anak yang disebut Olahragawan Latihan tradisional itu Akansegera bertanding cepat, yaitu berlari Didalam menggunakan egrang. Otrad tingkat Jawa Barat ini semua atletnya merupakan Siswa SD.

Apa itu egrang dan bagaimana aturan mainnya? Simak Ke bawah ini yuk!

Mengenal Egrang

Dikutip Didalam Literatur Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu terbitan Kementerian Belajar dan Kebudayaan RI, disebutkan permainan egrang awalnya populer Ke Daerah Jawa Barat. Dan ini menjadi alasan permainan ini menjadi permainan tradisional khas Jawa Barat (Sunda).

Sebab seru dan Memikat, permainan tradisional egrang Lalu banyak diminati Dari Kelompok Didalam Daerah-Daerah lain Ke pulau Jawa.

Egrang adalah sepasang bambu panjang yang Ke sepertiga Pada bawahnya dibuat pijakan Sebagai kaki pemainnya. Didalam Langkah Tersebut, para Manajer egrang Akansegera bisa berjalan Ke bambu tersebut Didalam tangan memegang ujung paling atasnya ketika berjalan.

Meski ini permainan anak-anak, Di membuat egrang, anak-anak perlu Pemberian orang dewasa. Sebab, Di membuatnya diharuskan menggunakan alat memotong dan meraut bambu agar egrang kokoh dan aman dipakai.

Andreas Supriyono Di Literatur Ke atas menyebutkan hingga kini, egrang masih dimainkan Dari anak-anak, tetapi tidak banyak lagi dijumpai. Ke Di alasannya Bisa Jadi disebabkan Dari cara bermainnya yang cukup sulit. Para Manajer egrang harus mampu menjaga Kesejajaran tubuh dan tentunya dibutuhkan Pelatihan yang tidak sebentar.

Aturan Main Latihan Tradisional Egrang

Yang pertama harus dikuasai Di aturan bermain egrang adalah menjaga Kesejajaran tubuh Pada menaiki sepasang bambu itu. Umumnya, Sebab tinggi, para Manajer Akansegera mempergunakan pijakan seperti level Sebagai menaiki egrang itu, Akan Tetapi bisa juga tidak menggunakan pijakan awal.

Di Latihan tradisional egrang, yang dilombakan adalah Kelajuan para Olahragawan Kearifan Lokal Sebagai sampai Hingga garis finish. Penyelenggara Laga Akansegera menyediakan garis finish dan garis pemisah antar Manajer.

Lapangan yang digunakan Sebagai Latihan ini adalah lapangan tanah, bukan yang sudah bertembok. Ini Sebagai menjaga agar para Manajer egrang tidak terpeleset Sebab licin.

Kaki egrang Akansegera mencengkeram tanah dan itu Akansegera memungkinkan kestabilan para Manajer terjaga meski egrang dipakai Sebagai berlari.

Demikianlah, yang paling cepat sampai Hingga garis finish adalah Kemenangan Laga egrang ini.

(iqk/iqk)

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Mengenal Permainan Egrang dan Aturan Mainnya