Latihan Tradisional Hadang, Cara Main dan Manfaatnya



Bandung

Anak-anak se-Nusantara pasti mengenal Latihan tradisional Hadang. Latihan ini punya sebutan yang lebih populer, Gobak Sodor. Ya, Latihan tradisional ini dimainkan secara beregu. Dua regu bermain. Satu regu menjadi penjaga, satu regu lagi menjadi Striker. Orang-orang yang bermain Di Latihan tersebut mencoba menerobos penjagaan. Jika badan tidak tersentuh penjaga, itu artinya lolos.

Latihan tradisional Hadang ini dipertandingkan Di Invitasi Latihan Tradisional tingkat Jawa Barat yang berlangsung Di Kabupaten Purwakarta, 3-5 September 2024.

Bukan sebatas seru, ternyata permainan tradisional atau Latihan tradisional Hadang ini punya manfaat Sebagai para pemainnya. Lebih detail mengenai Hadang dan manfaatnya, simak sampai tuntas artikel ini yuk!


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara Main Latihan Tradisional Hadang

Latihan tradisional Hadang atau Gobak Sodor ini menuntut adanya lapangan Laga. Biasanya, dilakukan Di lapangan yang sudah bertembok seperti gedung Latihan atau halaman sebuah gedung.

Lapangan yang dimaksud adalah sebuah area Di enam petak persegi panjang. Di setiap garis Di enam petak itu, ada penjaganya.

Dikutip Di situs Kemendikbud RI, detailnya seperti ini:

1. Hadang dapat dilakukan Di lapangan tertutup atau Di ruangan terbuka.

2. Bentuk lapangan empat persegi panjang berpetak-petak ukuran: Panjang 15 meter dan lebar 9 meter. Dibagi 6 petak masing- masing 4,5 x 5 meter.

3. Lapangan permainan ditandai Di garis selebar 5 cm.

4. Garis pembagi lapangan menjadi 2 Pada memanjang disebut garis Ditengah.

5. Ada Hakim Laga Laga dan hakim garis

6. Manajer terdiri Di 2 regu masing- masing 5 orang dan 3 cadangan.

7. Laga hanya Sebagai beregu putra dan beregu putri.

8. Diadakan undian Sebelumnya permainan dimulai, yang kalah sebagai penjaga dan yang Mendominasi sebagai Striker.

9. Regu Striker menempati garis jaganya masing- masing Di kedua kaki berada Di atas garis, sedangkan regu Striker siap Sebagai masuk.

10. Permainan dimulai Setelahnya Hakim Laga Laga membunyikan Peluit Hakim Laga.

11. Striker Berusaha melewati garis Di depannya Di menghindari tangkapan, atau sentuhan Di penjaga.

12. Setiap Manajer Striker yang telah berhasil melewati seluruh garis langsung dapat melanjutkan permainannya seperti semula

13. Kaki Striker tidak boleh keluar Di garis Di kanan atau kiri

14. Kaki Striker yang telah menginjak garis Di depannya harus melangkah maju, apabila Menarik Perhatian kaki Di garis yang diinjaknya dinyatakan salah.

15. Striker yang telah dinyatakan mati Dari Hakim Laga Laga, maka permainan harus dihentikan, Striker menjadi penjaga.

Manfaat Latihan Tradisional Hadang

Latihan tradisional Hadang atau Gobak Sodor punya banyak manfaat, selain melatih kekompakan anak-anak yang menjadi pemainnya Di melakukan Karya beregu, juga punya dampak Kesejajaran.

Anak-anak yang sering memainkan permainan tradisional Hadang Akansegera lebih Segar dan terhindar Di ancaman obesitas. Demikian dituturkan Di Di Jurnal Obsesi : Jurnal Pembelajaran Anak Usia Dini (2023), Di studi berjudul Pembaruan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor Sebagai Memperbaiki Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Dari Desy Rizka Erwanda dan Panggung Sutapa.

Studi itu menyebutkan, penguasaan gerak atau motorik yang baik terbukti Memiliki peran penting Bagi anak. Pertarungan Persahabatan rutin Di Kekuatan motorik Memiliki kontribusi positif Di Olah Raga, Supaya mampu Mengurangi potensi obesitas Di anak usia dini.

(iqk/iqk)

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Latihan Tradisional Hadang, Cara Main dan Manfaatnya