Arak-Arakan Bale Suji, Kearifan Lokal Kampung Angantiga Sambut Maulid Nabi



Badung

Kelompok Kampung Muslim Angantiga, Kecamatan Petang, Badung, menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah Di prosesi arak-arakan bale suji, Minggu sore (15/9/2024). Kearifan Lokal tahunan ini melibatkan ratusan warga Untuk mengarak susunan telur hias yang diletakkan Ke atas miniatur perahu pinisi khas Bugis.

Menurut Kepala Kampung Angantiga, M Ramsudin, Kearifan Lokal ini telah diwariskan turun-temurun Sebelum leluhur mereka pertama kali tiba Ke Bali. “Arak-arakan bale suji ini khusus ada Ke kampung kami sebagai kegiatan rutin tiap peringatan Maulid Nabi Untuk warga Bugis,” jelas Ramsudin.

Bale suji menjadi simbol penghormatan Pada kelahiran Nabi Muhammad SAW. Arak-arakan yang dilakukan keliling kampung ini mencerminkan kegembiraan Kelompok Kampung Angantiga Untuk menyambut Maulid Nabi. Hampir seluruh warga kampung turut Merasakan dan berpartisipasi Untuk prosesi ini.


Ramsudin juga menjelaskan bale suji dibuat Untuk berbagai bentuk, sebagian besar berupa miniatur kapal pinisi. Ke atas miniatur perahu tersebut, disusun puluhan telur hias yang dirancang Dari para pemuda kampung Untuk kurun waktu dua hingga tiga hari Sebelumnya Itu.

Prosesi arak-arakan dimulai Di Masjid Baiturrahman, Di para remaja laki-laki yang memikul bale suji menggunakan bambu yang dirangkai menyerupai alat pikul ogoh-ogoh Ke Bali. Arak-arakan dimulai Di Didepan masjid, lalu berkeliling kampung, dan kembali Di masjid. Sesudah prosesi selesai, telur-telur Di bale suji Berencana dibagikan kepada warga Ke keesokan harinya.

Selain miniatur perahu, beberapa warga juga membuat miniatur masjid yang dihias Di bunga Alattulis. Para gadis kampung turut berpartisipasi Di mengenakan baju tradisional.

Bale suji Memiliki makna mendalam Untuk warga Bugis Ke Kampung Angantiga, yang mengingatkan mereka Ke perjalanan leluhur Di berlayar Di Bali berabad-abad lalu. “Di leluhur kami tiba Ke kampung ini, itu juga merupakan bentuk kegembiraan, sama halnya Di perayaan Maulid Nabi,” ungkap Ramsudin.

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Arak-Arakan Bale Suji, Kearifan Lokal Kampung Angantiga Sambut Maulid Nabi