Warga Lamongan Ramai-ramai Nyusuk, Kearifan Lokal Cari Ikan Jelang Maulid Nabi



Lamongan

Ada satu Kearifan Lokal unik menjelang muludan Ke Lamongan hingga kini masih dilestarikan. Kearifan Lokal itu adalah nyusuk (Mencari ikan) bersama Ke telaga desa setempat.

Warga yang masih melestarikan Kearifan Lokal nyusuk bersama Ke telaga desa yakni warga Dusun Kedungbulu, Desa Dumpiagung, Kecamatan Kembangbahu. Nyusuk atau mencari ikan Bersama peralatan susuk yang terbuat Untuk anyaman kayu secara bersama-sama dilakukan menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad.

“Peristiwa ini (nyusuk bersama) kami adakan rutin setiap tahun menjelang muludan atau maulid nabi,” kata salah seorang warga yang mengikuti nyusuk bersama ini, Wahyu Hidayatullah kepada wartawan, Minggu (15/9/2024).


Peristiwa nyusuk bersama ini dilakukan Ke pagi hari Ke telaga desa setempat. Warga membawa sendiri peralatan mencari ikan berupa susuk Sebagai Lalu turun Hingga telaga secara bersamaan.

Beragam ikan bisa didapat Bersama warga yang mengikuti nyusuk bersama ini, mulai Untuk bandeng, mujair, bader, ikan mas hingga ikan gabus.

“Rutin kita lakukan semacam ini tiap kali megengan jelang maulid, mas,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar karang taruna desa setempat ini merupakan Kearifan Lokal tahunan. Pada digelar, debit air telaga Untuk Situasi minim air. Tujuan nyusuk bersama ini Sebagai meningkatan kerukunan dan kebersamaan warga Kelompok.

“Juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah Menyediakan sumber daya alam melimpah Ke Supaya manfaatnya bisa dinikmati warga hingga kini,” jelasnya.

Kearifan Lokal ini memang terbuka Sebagai umum. Hanya saja, Sebagai mengikuti Kearifan Lokal ini dan bisa Memperoleh ikan yang ada Ke telaga, warga diharap membayar uang sebagai kas karang taruna.

“Orang luar bayar Rp 30 ribu, kalau orang kampung sendiri Rp 15 ribu dan uangnya masuk Hingga kas kartar,” imbuhnya.

Ke Pada Yang Sama warga tampak terlihat antusias dan bersemangat Pada mengikuti kegiatan nyusuk ini. Teriakan dan senyum serta tawa mengiringi Peristiwa nyusuk ini ketika mereka berhasil Memperoleh ikan terperangkap Untuk susuk mereka.

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Warga Lamongan Ramai-ramai Nyusuk, Kearifan Lokal Cari Ikan Jelang Maulid Nabi