Mengenal Baju Adat Sumba NTT, Ada Hingga dan Lau


Sumba

Sumba merupakan sebuah pulau Di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terkenal Di Kearifan Lokal, Kearifan Lokal Global, dan kekayaan alam yang beragam. Ketika liburan Di Pulau Sumba, kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba Busana adat Sumba yang beraneka macam.

Baju adat Sumba Memiliki ciri khas unik, nilai-nilai yang dipegang teguh dan tentunya mencerminkan identitas Kelompok Sumba. Tentunya baju adat yang digunakan laki-laki dan perempuan pun berbeda.

Berikut daftar baju adat Sumba yang detikBali rangkum Di berbagai sumber Untuk Anda:


1. Hinggi

Hinggi merupakan Busana adat Lokasi Sumba yang digunakan Untuk laki-laki. Hinggi sendiri terbagi atas dua macam, yaitu Hinggi Kawuru dan Hinggi Kombu. Kedua helai kain itu Lalu dililitkan Di pundak dan pinggang.

Selain menggunakan kain hinggi ada juga ikat kepala yang digunakan Di nama kambala. Ikat pinggang Di lilitan tali yang biasa disebut ruhu banggi, ikat pinggang kulit, dan juga parang atau kabiala yang diselipkan Di kain pinggang.

Hinggi sendiri adalah sepotong kain besar yang terbuat Di dua kain sempit yang dijahit menjadi satu Di berumbai Di setiap ujungnya. Hinggi digunakan Dari para pria Di Sumba sebagai pembungkus pinggul dan mantel.

2. Lau

Lau yang diambil Di bahasa Sumba ini merupakan tenun atau sulaman yang biasanya digunakan sebagai Busana adat atau penutup tubuh Dari para wanita Sumba. Lau digunakan seperti kain sarung yang dililitkan sampai Di dada.

Kain Lau sendiri Memiliki beberapa jenis, seperti lau kawuru, lau pahudu, lau mutikau, dan lau pahudu kiku. Lau digunakan seperti sarung setinggi dada dan ditutup Di kain taba huku menutupi bahu Di warna dan corak yang sama seperti lau yang digunakan.

Adapun kain adat yang digunakan Dari wanita Sumba sebagai baju adat ini dilengkapi Di Aksesoris lainnya. Seperti hiasan Di Pada kepala yang dilengkapi Di tiara polos diikat bersama Di Hai Kara dan Tiduhai, serta ada juga Aksesoris logam Di Pada dahi Di nama Maraga. Lalu ada Mamuli Di Pada telinga dan kalung emas atau mutiara Di motif polos Di Pada leher.

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Mengenal Baju Adat Sumba NTT, Ada Hingga dan Lau