Bukan Hari Baik Sebagai Menikah


Solo

Hari ini, Sabtu (14/9/2024) bertemu Bersama pasaran Wage. Untuk penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan Bersama 10 Mulud 1958, berada Ke Tahun Je, Windu Sancaya dan Wuku Julungwangi.

Sabtu Wage

Weton (hari kelahiran) Sabtu Wage Memiliki neptu 13. Kecenderungan orang berweton ini luwes, gumunan atau mudah kagum dan senang kemewahan.

Tetapi kadang juga kurang mempercayai orang lain dan berpendirian kekeh walau belum tentu kebenarannya.


Pangarasan

Pangarasan Ke weton ini adalah Lakuning Lintang. Sifat positifnya Menyediakan arah dan suri tauladan Untuk siapa saja. Akansegera tetapi kadang-kadang kecenderungannya tidak menetap, misalnya Untuk hal pekerjaan, tempat tinggal, dan lain-lain.

Pancasuda

Adapun Pancasuda, Satriya Wirang. Luhur budinya tetapi sering Menyambut malu atau dipermalukan orang Agar kurang wibawa.

Wuku Julungwangi

Wuku Julungwangi, lambang dewanya Bathara Sambu, serba menjadikan terkenal setiap apa yang dilakukannya. Berbuat jelek saja lekas terkenal, apalagi berbuat baik.

Air Ke tempayan ada Ke Didepan, artinya rela wataknya, tapi kebaikannya diperlihatkan sedikit Untuk sedikit. Pohonnya cemara, banyak bicara, tetapi terkadang sampai membuat takut yang mendengarnya.

Bicaranya juga enak didengar dan dipercaya orang. Umbul-umbul ada Ke Didepan, kelak ada keberuntungannya. Menyambut perhatian dan dikasihi Tuhan dan atasannya. Bagaikan bunga, enak bicaranya dan pandai bicara (merayu), walaupun terkadang tak sesuai Bersama isi hatinya.

Gambaranya seperti banteng lumpuh, Walaupun Untuk keadaan kurang beruntung, tetapi masih tampak teguh tegar. Bahayanya jika diterkam harimau.

Kala ada Ke Barat Daya, maka Pada 7 hari Ke wuku tersebut jangan Di Hingga arah tersebut Sebagai urusan yang sangat penting.

Sabtu Wage Wuku Julungwangi

Ke hari Sabtu Wage Ke Wuku ini hari uwas penganten, hari yang tidak baik Sebagai semua pekerjaan, terutama Sebagai pernikahan.

[Diasuh oleh Ki Totok Yasmiran, ahli Penanggalan Jawa dari Museum Radyapustaka Solo. Tayang rutin di detikJateng setiap pagi]

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Bukan Hari Baik Sebagai Menikah