Bade Setinggi 30 Meter Akansegera Iringi Prosesi Ngaben Semeton Takora-Kuta Waringin



Karangasem

Bade setinggi 30 meter Akansegera mengiringi prosesi ngaben yang digelar Bersama pasemetonan (kelompok) Tangkas Kori Agung (Takora) dan Kuta Waringin Di Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Bade tumpang pitu (tujuh) tersebut menjadi salah satu yang tertinggi Di Bali.

Ketua Panitia Pengabenan I Wayan Madra Arsana mengatakan bade tinggi menjulang itu dibuat Lantaran jumlah sawa atau orang yang Akansegera diaben sangat banyak. Menurutnya, diperlukan bade berukuran besar Untuk menampung seluruh sawa.

“Jumlahnya mencapai 220 sawa. Karena Itu, perlu bade yang besar Untuk membawa seluruh sawa Di setra (kuburan),” kata Madra, Senin (12/8/2024).


Bade tinggi besar yang sempat viral Di media sosial itu Memperoleh berat Di 6 ton. Di puncak prosesi ngaben, bade tersebut Akansegera diarak Di setra setempat.

Madra menjelaskan seluruh proses pembuatan bade itu dibuat Pada dua bulan Bersama undagi setempat. Menurutnya, proses pengerjaannya dibantu Bersama semeton Takora dan Kuta Waringin secara gotong royong. Di ini, bade itu sudah berdiri megah Di perempatan Desa Antiga.

“Biaya yang dihabiskan Untuk pembuatan bade tersebut kami tidak bisa pastikan. Lantaran ini merupakan bentuk bakti kami kepada leluhur,” ucap Madra.

Untuk diketahui, puncak ngaben pasemetonan Tangkas Kori Agung-Kuta Waringin Akansegera dilaksanakan Di Rabu (14/8/2024). Warga yang mengikuti ngaben massal tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 7 juta per sawa.

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Bade Setinggi 30 Meter Akansegera Iringi Prosesi Ngaben Semeton Takora-Kuta Waringin