4 Desain Batik Kamuning Dipatenkan dan Segera Diluncurkan Ke Publik



Bandung

Pemerintah Kabupaten Kuningan telah mendaftarkan empat desain batik Kamuning khas Kuningan Ke Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Sebagai dipatenkan Supaya tidak boleh pihak manapun Sebagai meniru atau menjiplaknya. Empat desain batik Kamuning ini pun Di waktu Didekat Berencana diluncurkan menjadi salah satu aset ekonomi kreatif kebanggaan Komunitas Kabupaten Kuningan.

Pj Sekretaris Daerah Kabuten Kuningan Asep Taufik Rohman mengatakan, penetapan batik Kamuning sebagai batik khas Kuningan telah Melewati proses panjang. Dimulai Bersama pembahasan Di Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan akademisi, budayawan, ahli sejarah, seniman batik, pelaku UKM dan sebagainya hingga akhirnya dibuat desain batik yang mencirikan identitas Kuningan.

“Bersama diskusi tersebut akhirnya disepakati ada empat unsur yang menjadi ciri khas batik khas Kuningan yaitu pohon Kamuning, Ikan Dewa, Bokor dan Gunung Ciremai. Bersama diskusi tersebut pula akhirnya ditetapkan nama batik khas Kuningan ini adalah Batik Kamuning,” ungkap Taufik, Kamis (29/8/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Batik Kamuning khas Kuningan tersebut, lanjut Taufik, telah Memperoleh hak paten dan secepatnya Berencana diluncurkan Sebagai Setelahnya Itu diperbanyak.

“Dirjen Haki telah Menyediakan hak paten Sebagai Batik Kamuning ini sebagai batik khas Kabupaten Kuningan dan tidak boleh ada yang menjiplak. Justru kami telah membuat delapan cetakan desain batik Kamuning ini yang Berencana diberikan kepada pengusaha batik Sebagai diproduksi massal dan menjadi salah satu produk unggulan khas Kabupaten Kuningan,” lanjut Taufik didampingi Kepala Dinas Pembelajaran dan Kebudayaan U Sukmana.

Taufik menambahkan, Sebelumnya Itu Kuningan sudah Memperoleh batik khas hasil sayembara Ke Pada kepemimpinan mendiang Bupati Kuningan terdahulu Utje Ch Suganda. Tetapi demikian, batik Kuningan tersebut lebih banyak dikenal Komunitas sebagai batik ASN.

“Bersama nanti Batik Kamuning sudah diluncurkan, kita ingin batik khas Kuningan ini bisa lebih universal tidak hanya menjadi identitas Untuk ASN Tetapi juga Komunitas umum. Batik Kamuning Berencana menjadi salah satu produk UKM yang diproduksi massal dan bernilai ekonomis Supaya bisa Meningkatkan perekonoman Komunitas,” ujar Taufik..

Tetapi demikian, Taufik mengaku belum dapat Menunjukkan motif ataupun desain batik Kamuning tersebut Lantaran alasan belum diluncurkan. “Yang jelas ada empat desain batik Kamuning telah dibuat dan nanti kita Berencana lihat bersama bagaimana keindahan dan keunikannya Pada launching nanti. Tunggu saja tanggal mainnya,” ujarnya. (Mohamad Taufik)

(tey/tya)

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: 4 Desain Batik Kamuning Dipatenkan dan Segera Diluncurkan Ke Publik