Meriahnya Grebek Maulid Di Surabaya, Ada Pawai dan Gunungan Hasil Tani



Surabaya

Warga RW 6 Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Surabaya merayakan Maulid Nabi Muhammad Didalam meriah. Mereka Melakukan Grebek Maulid.

Ketua RW 06 Keluruhan Rangkah mengatakan, Grebek Maulid ini merupakan agenda rutin. Menariknya, Kebiasaan ini tak hanya diikuti Didalam umat muslim, Tetapi warga beragama lainnya yang tinggal Di sana.

“Peristiwa tahunan ini sudah berlangsung 7 tahun. Alhamdulillah didukung Komunitas Disekitar. Tiap tahun ada peningkatan, ada toleransi lintas agama, seperti ada Kebiasaan China yang juga dibawakan,” ujar Sigit kepada detikJatim, Minggu (16/9/2024).


Sigit mengatakan, total ada 850 peserta yang berpartisipasi. Mereka berasal Di 7 RT, serta berbagai organisasi Komunitas dan lembaga.

Untuk menyemarakkan Grebek Maulid ini, warga mengikuti pawai yang terbagi Di beberapa kelompok. Tiap kelompok menggunakan berbagai kostum dan membawakan penampilan masing-masing.

Ada yang membawakan tari sufi, barongsai, kostum merak, hingga Pengganti tradisional. Ada pula yang membawakan hadrah Untuk melantunkan selawat sepanjang jalan Pada pawai.

Lalu, terdapat 15 gunungan berisi hasil Agrikultur seperti umbi-umbian, sayur, maupun buah-buahan yang dibawakan Didalam warga. Gunungan ini dihias Didalam cantik dan diarak Pada pawai.

Grebek Maulid Di Surabaya Foto: Aprilia Devi/detikJatim

Di Ditengah pelaksanaan pawai, warga juga berkesempatan Membahas gunungan hasil tani tersebut.

Salah satu warga yang Merasakan hasil gunungan ini, Dwi Pepi mengatakan bahwa dirinya sangat senang Didalam kemeriahan Grebek Maulid Di kampungnya. Pepi Merasakan sayur seledri yang bisa digunakannya Untuk memasak.

“Senang lihat ini, antusias seru. Ada anak-anak PAUD, banyak. Semoga dilanjutkan terus,” kata Pepi.

Adapun rute pawai Di Grebek Maulid ini yakni Jalan Rangkah Buntu II, Lalu keluar Hingga Jalan Raya Kenjeran, masuk Hingga Jalan Tambak Segaran, Jalan Rangkah II, dan Lalu kembali Hingga Jalan Raya Kenjeran.

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Meriahnya Grebek Maulid Di Surabaya, Ada Pawai dan Gunungan Hasil Tani