Kapan Maulid Nabi SAW 2024? Cek Jadwal dan Kearifan Lokal Unik Ke Sini



Denpasar

Perayaan Maulid Nabi menjadi sebuah Kearifan Lokal Untuk umat muslim. Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan Bersama umat muslim kepada Rasulullah yang telah membawa ajaran agama Islam.

Lantas kapan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati?

Tanggal Perayaan Maulid Nabi

Tahun ini, Maulid Nabi SAW jatuh Ke Senin, 16 September 2024. Maulid Nabi menjadi hari libur nasional.


Di kalender umat Islam atau sistem penanggalan Hijriah, peringatan Maulid Nabi SAW dimulai Sebelum Minggu, 15 September 2024 malam, yang ditandai Bersama terbenamnya matahari. Perayaan Maulid Nabi menjadi sebuah Kearifan Lokal Untuk umat muslim.

Sejarah Maulid Nabi SAW

Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW Ke tanggal 12 Rabiulawal Di penanggalan Hijriah. Ke Indonesia, peringatan Maulid Nabi merupakan bentuk cinta kasih umat islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Melansir Di laman baznas.go.id, Ahmad Tsauri Di Bacaan ‘Sejarah Maulid Nabi’ menurutnya perayaan maulid Nabi SAW sudah dilakukan Kelompok muslim Sebelum tahun kedua Hijriah. Catatan tersebut juga merujuk Ke kitab “Wafa’ul Wafa Lembagakeuanganpusat Akhbar Darul Mustafa” karangan Nuruddin.

Seorang Jenderal dan pejuang muslim asal Kurdi bernama Salahuddin Ayyubi ingin merayakan maulid Nabi menjadi Kearifan Lokal Untuk umat islam Ke seluruh dunia. Akan Tetapi, gagasan Salahuddin ditentang Bersama banyak ulama. Akansegera tetapi Salahuddin menegaskan bahwa perayaan maulid Nabi hanyalah kegiatan menyemarakkan syiar agama.

Maka Ke bulan Dzulhijjah yang bertepatan Bersama bulan ibadah haji, Salahuddin yang Ke Di itu sebagai penguasa Haramain Menerbitkan instruksi kepada seluruh jamaah haji agar segera mensosialisasikan kepada Kelompok islam yang berada Ke kampung halamannya Sebagai merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Akhirnya Ke tahun 580 Hijriah atau 1184 Masehi bertepatan tanggal 12 Rabiul-Awwal dirayakannya Maulid Nabi Bersama berbagai kegiatan yang membangkitkan semangat umat Islam. Ke Di itu Salahuddin Melakukan sayembara penulisan sejarah Nabi dan dimenangkan Bersama Syeikh Al-Barzanji. Sebelum Di itu maulid nabi dirayakan Ke seluruh dunia.

Kearifan Lokal Unik Maulid Nabi SAW

Banyak kegiatan yang yang dapat dilaksanakan Sebagai memperingati Maulid Nabi SAW seperti ibadah, zikir, shalawat, sedekah Makanan, baca Al-Quran dan biasanya ceramah agama. Adapula berbagai Kearifan Lokal Di tiap Area Sebagai merayakan peringatan Maulid Nabi SAW, Ke antaranya ialah sebagai berikut:

· Kearifan Lokal Gerantung, Lombok Utara

Kearifan Lokal unik ini dilakukan Bersama membunyikan gerantung atau alat Alunan tradisional Pada lebih Di 24 jam tanpa henti sebagai perayaan Maulid Nabi.

· Kearifan Lokal Ke Desa Adat Bayan, Lombok Utara

Kearifan Lokal yang dilakukan ini melibatkan sejumlah kegiatan Pada dua hari berdasarkan kalender adat Bayan termasuk ‘Praja Maulud’ yang menggambarkan perkawinan langit dan bumi.

· Kearifan Lokal Maulid Nabi Ke Bali

Kearifan Lokal Maulid Nabi Ke Bali dirayakan Bersama mengarak Bale Saji yang berisi hiasan bunga Di telur dan Kertas, yang dimana telur tersebut melambangkan kelahiran.

· Kearifan Lokal Sripuan, Kota Kupang

Kearifan Lokal Sripuan ini dilaksanakan sehari Sebelumnya hari Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Kearifan Lokal ini dimulai Di pukul 19.30 Wita hingga pukul 02.00 Wita.

Prosesi Sripuan ini biasa dikenal Bersama sebutan kirab atau pawai yang Akansegera dimulai Di Masjid Kampung Solor, Ke Hingga Masjid Bonipoi, dan berakhir Ke Masjid Albaitul Qadim Air Mata.

Kearifan Lokal Sripuan ini merupakan simbol Di persatuan, gotong-royong, keakraban, dan toleransi, tidak hanya sesama umat muslim, tapi kepada sesama yang berbeda keyakinan juga.

Itulah beberapa informasi Yang Terkait Bersama peringatan Maulid Nabi SAW, semoga bermanfaat.

Artikel ini disadur –> detik.com Indonesia News: Kapan Maulid Nabi SAW 2024? Cek Jadwal dan Kearifan Lokal Unik Ke Sini